Quote Ki Hajar Dewantara dan Hubungannya Dengan Sikap Pemain Bola.

Hari ini tanggal 2 Mei dikenal sebagai hari pendidikan nasional atau hari lahirnya sosok pemerhati pendidikan bangsa Indonesia, Bapak Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara adalah salah satu sosok pahlawan. Bukan dalam artian pahlawan perang, melainkan pahlawan yang dengan ilmunya bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan bangsa hingga saat ini. Bapak mentri pendidikan ini mempunyai salah satu Quote atau kata bijak yang sangat menarik dalam bahasa jawa yang berbunyi seperti ini :
Ing Ngarso Sung Tulodo
Ing Madyo Mangun Karso
Tut Wuri Handayani

Kata kata Bapak pendiri Taman Siswa ini sebenarnya bisa diaplikasikan ke kehidupan pemain sepakbola di dunia nyata. Pemain sepakbola yang mempunyai 3 ciri yang diatas tersebut harusnya adalah pemain yang mempunyai mental kuat, pantang menyerah dan vokal dalam memberikan semangat ke rekan rekannya.


1. Ing Ngarso Sung Tulodo.

Yang berarti dari depan memberikan teladan. Seorang pemain bola harus bisa menjadi teladan yang baik, bersikap sopan didalam maupun di luar lapangan, tidak gampang emosi dan mempunyai sikap fair play. Pemain bola yang mempunyai sikap seperti ini juga harus hebat dalam permainan dan posisi sehingga bisa menjadi contoh dan acuan pemain lainnya. Saya mengambil contoh pemain seperti Didier Drogba. pemain berkebangsaan Pantai Gading ini sangat bisa diambil teladannya. Drogba adalah pemain yang keras di lapangan, namun ternyata lembut di luar lapangan. Drogba berjasa untuk negaranya. Ia tidak segan menyisihkan sebagian gajinya untuk orang tak mampu di negaranya, Drogba bahkan dengan inisiatif membangun rumah sakit di negaranya khusus orang tak mampu. Ini adalah sikap yang harus diteladani oleh pemain lain, walaupun dengan status bintangnya sebagai striker top Eropa, Drogba tidak pernah lupa akan teman teman di negaranya sendiri yang mengalami kesusahan.

2. Ing Madyo Mangun Karso

Yang berarti dari tengah memberikan semangat. Seorang pemain bola harus memberikan semangat kepada teman temannya, apalagi ketika timnya sedang ketinggalan atau kalah. Pemain bola yang baik adalah yang ketika kalah masih bisa berkepala tegak dibanding rekan rekannya dan belajar dari kekalahan tersebut. Sebelum peluit wasit berbunyi, seorang pemain harusnya memiliki semangat juang untuk menghindari kekalahan, ataupun mempertahankan kemenangan. Pemain yang baik harus selalu memberikan semangat dan berjuang bersama teman temannya ketika menang atau kalah. Contoh pemain seperti ini adalah Steven Gerrard. Masih ingat ketika tragedi Istanbul 2005?. Ketika babak pertama Liverpool tertinggal 0-3 oleh AC Milan, Gerrard selaku kapten tim tidak pantang menyerah dan membuktikan kalau harapan masih ada. Dan benar saja, Pada akhir laga skor menjadi sama 3-3 dan ketika dilanjutkan ke babak pinalty, Liverpool menang dan merengkuh gelar ke 5 mereka di tanah Turki tersebut. Hal ini membuktikan kalau Gerrard tidak pernah patah semangat dan berkepala tegak disaat teman temannya pesimis di ruang ganti. Begitulah seharusnya seorang pemain, memberikan semangat di tengah, seperti posisi Gerrard, pemain tengah.


3. Tut Wuri Handayani

Yang berarti dari belakang memberi motivasi. Motivasi penting untuk membangun kepercayaan pada diri pemain. Seorang pemain bola harus memberi motivasi untuk pemain lainnya dengan vokal. Berbeda dengan semangat, motivasi itu seperti 'something worth fighting for'. Sesuatu yang penting untuk diperjuangkan. Motivasi bisa berupa hadiah atau lain lain untuk meningkatkan semangat para pemain. Dari belakang seorang pemain bola harus selalu mengingatkan untuk apa kita bermain, untuk apa kita memenangkan pertandingan, untuk apa kita ada diatas lapangan. Support para pemain dengan motivasi dan pemain tersebut akan berjuang habis habisan di atas lapangan guna memenuhi kata kata pemain yang memotivasi tersebut.


3 kata tersebut sangat penting untuk dimiliki setiap pemain Sepakbola. Kepribadian yang tercermin dari 3 kata di atas harus diaplikasian di dunia nyata, dan bukan tidak mungkin jika pemain berhasil mengaplikasikan 3 kata tersebut, prestasi akan selalu menghampirinya baik individual atau tim.



Komentar

Postingan Populer