Bergunakah Arda Turan Untuk Barcelona?

Setelah secara sukses menggaet Aleix Vidal dari Sevilla, kini Barcelona resmi mengumumkan bahwa gelandang asal Turki, Arda Turan akan berbaju biru merah ala Catalan dengan bandrol sebesar 41 juta Euro. Transfer ini memang menjadi tanda tanya yang besar bagi beberapa orang termasuk saya. Saya rasa bagi pemain berumur 28 tahun yang masa kejayaannya sebentar lagi, harga sebesar 41 juta Euro adalah harga yang terlalu tinggi. Mungkin akan lain kalau kita berbicara Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi yang berumur 28, namun kita tak berbicara soal 2 manusia (atau alien) tersebut. Arda Turan is not so special, and 41 million Euro maybe is too much for him. Tapi mau bagaimana lagi, Luis Enrique sudah sangat ngebet dan ingin segera membeli pemain tersebut.

Masalah kedua adalah transfer Arda Turan ini (seharusnya) tidak melibatkan sang presiden Barcelona sendiri. Kita tahu bahwa Barcelona sekarang sedang masa pemilihan presiden baru, dan pemilihan akan dilaksanakan pada 18 juli waktu setempat. Lantas apa yang terjadi apabila presiden baru Barcelona tidak menyukai Arda Turan? dijualkah ia?. Jadi begini, dalam transfer Arda Turan ada sebuah kesepakatan dalam kontrak yang bernama Sell-back Clause. Sell Back Clause memungkinkan sang pemain untuk dijual kembali dengan syarat harga 10% turun dari harga ketika ia dibeli Barcelona, kontrak berlaku sampai 20 juli atau 2 hari pasca pemilihan presiden baru Barcelona.

Namun disini kita akan berbicara soal posisi Arda Turan di Barcelona. Konon katanya Arda Turan dibeli untuk menggantikan Xavi yang sekarang hijrah ke klub Al Sadd di Qatar. Namun kalau melihat posisi Turan di Atletico dan Xavi di Barca, tentu saja keduanya sangat berbeda. Turan adalah gelandang sayap kanan dengan semangat tinggi dan fisik yang kuat, karena itulah Simeone tak ragu terus memainkannya di posisi sayap kanan Atletico. Sementara Xavi sudah kita ketahui sendiri, adalah gelandang flamboyan yang menjadi motor serangan Blaugrana. Passing akuratnya adalah makanan segar untuk Messi dkk di posisi depan. Dari hal diatas jelas Arda Turan dan Xavi adalah dua individu yang berbeda gaya bermain, jadi apa gunanya ia?

Saya yakin kalau Arda Turan dibeli untuk meningkatkan kualitas pemain cadangan Barcelona. Saya mengatakan cadangan karena ayolah, siapa yang bisa menggeser posisi trio Neymar-Messi-Suarez yang musim lalu mencetak 120 lebih gol?. Arda Turan memang pembelian tepat untuk trio "monster" mereka jikalau salah satunya menderita cidera. Turan memang mirip mirip Messi dari gaya bermain. Lincah, cepat dan determinasi tinggi menjadi cirinya tersendiri dalam mengolah kulit bundar. Apalagi Turan yang punya kemampuan bertahan menjadi tambahan tersendiri untuknya dan untuk formasi Enrique. Mungkin Turan akan sering sering duduk di bangku cadangan melihat apa yang terjadi ada Pedro. Namun melihat kemampuannya dan Enrique yang ngotot ingin membelinya, rasanya Turan tidak akan selama Pedro duduk di bangku cadangan Blaugrana.

Komentar

Postingan Populer