Jangan Hanya Fokus Pada Lini Serang, Milan.

Mempunyai beberapa striker kelas atas memang salah satu dari beberapa hal mengapa tim bisa begitu ditakuti lawan, karena tujuan utama bermain bola memang menceploskan bola sebanyak banyaknya ke gawang lawan. Namun bukan berarti kita harus melupakan lini pertahanan. Quote dari Manajer Legendaris MU, Sir Alex Ferguson yang berkata "Attack wins you game, Defence wins you title" memang sebuah kebenaran adanya, semua pelatih kemungkinan mengamini perkataan Fergie ini (kecuali Pep Guardiola). Kata kata Ferguson membuat saya sadar, bahwa kunci sukses sebuah tim sebenarnya terletak dari lini pertahanan. Pertahanan sebuah tim, dan bahkan bagaimana cara mereka menyerang, semua ditentukan oleh lini bertahan. Memang kita harus melakukan penyerangan untuk memenangkan pertandingan, namun 90 menit pertandingan bukan milik satu tim seorang. Apa yang terjadi ketika mereka melakukan serangan balasan adalah kita harus bertahan sebaik mungkin, dan tim yang memiliki lini bertahan terbaik serta lini serang terbaiklah yang akhirnya memenangkan pertandingan dan juara.

AC Milan memang sedang membangun skuad mereka, musim 2014-2015 adalah musim terburuk mereka dimana mereka finish di urutan ke 10. Dan yang harus mereka lakukan adalah membeli (bukan mendapat gratisan) pemain yang tepat untuk skuad mereka musim depan. Apalagi dukungan dana segar dari Mr. Bee akan lebih memudahkan AC Milan mendapatkan pemain yang mereka inginkan. Sejauh ini Milan sudah mendapat Carlos Bacca dan Luiz Adriano, belum ditambah mereka akan kembali mendatangkan Zlatan Ibrahimovic, siapa yang tidak takut dengan kombinasi mengerikan ketiga pemain tersebut ditambah Jeremy Menez, Keisuke Honda dan El Shaarawy? Singkat kata, Milan sudah punya lini serang paling berbahaya di tanah Italia musim ini. Bagaimana dengan lini pertahanan?

Christian Zapata, Matias Silvestre, Daniel Bonera, Phillipe Mexes, Jherson Vergara, Alex, Adil Rami adalah segelintir pemain bertahan AC Milan saat ini, sekilas nama nama di atas cukup berpengalaman di Eropa. Adil Rami adalah bek yang cukup handal di Valencia, bahkan di timnas Prancis pun ia masih sering dipakai. Alex sudah pernah memenangkan gelar Liga Prancis bersama PSG, dirinya juga sempat beberapa kali membela Timnas Brazil. Zapata adalah pemain inti senior di Timnas Kolombia sementara Bonera dan Mexes adalah pemain berpengalaman yang sudah sangat lama berpetualang di Serie A. Dari pengalaman mereka di timnas, rasanya tidak perlu diragukan kalau mereka adalah bek tangguh, namun statistik sepertinya berkata lain. AC Milan yang kebobolan 50 gol musim lalu adalah bukti otentik dan nyata kalau lini pertahanan AC Milan adalah masalah serius yang harus diatasi Sinisa Mihajlovic musim depan. Pelatih asal Serbia harus bisa mencari cara dan solusi siapa yang pantas untuk lini belakang AC Milan. Karena seperti kata SAF, Permainan menyerang mungkin memenangkan pertandingan, tapi permainan bertahan memenangkan piala. Mau bukti lebih nyata lagi? Tanya saja Jose Mourinho dan Roberto Di Matteo...

Komentar

Postingan Populer