3 Klub Sang Gajah...

"Leicester City bagaikan seekor gajah diatas pohon. Gak ada yang tau gimana caranya dia bisa sampai diatas sana, tapi pasti dia akan jatuh."

Saya mendapat tweet di atas kira kira beberapa hari yang lalu, yang membuat tweet diatas adalah sebuah akun sarcasm tentang sepakbola. Mereka sarcasm tentang apa saja yang pantas untuk ditertawakan. Entah itu sebuah klub, kebijakan transfer, wasit, pemain, pelatih sampai FIFA sekalipun mereka sarkasme.

Tweet diatas diuanggah kira kira ketika pekan kedua BPL berlangsung. Leicester pada pekan pertama berhasil membantai Sunderland 4-2 dan pada pekan kedua berhasil juga membuat West Ham bertekuk lutut dengan skor 2-1.

Hal inilah yang membuat Leicester secara tak terduga tiba tiba nongkrong di peringkat 1 klasemen. Pencapaian ini tentunya membuat fans gembira. Tim yang musim lalu baru saja promosi ke BPL tahu tahu merangsek ke peringkat 1, walau baru awal musim.

Memang laga laga awal musim bisa menjadi patokan untuk laga selanjutnya. Namun melalui 38 pertandingan BPL bukanlah sesuatu yang mudah sama sekali. 2 laga awal belum tentu menasbihkan kemenangan bagi sebuah tim. Apalagi Leicester adalah tim papan bawah, dan semua tim papan bawah punya masalah yang sama : Inkonsistensi pada pertengahan musim.

Hal yang sama juga berlaku untuk SD Eibar atau FC Astana di Liga Champions. Eibar yang baru awal musim sudah menang 3-1 melawan Granada menempatkan klub tersebut di puncak klasemen La Liga. FC Astana pun demikian. Kemenangan melawan APOEL Nicosia secara mengejutkan membuat klub asal Kazakhstan tersebut tampil perdana di Liga Champion. Kemenangan ini juga sekaligus membuat rekor klub Kazakhstan pertama yang tampil di Liga Champion tersebut. Apalagi FC Astana adalah klub yang baru berusia 6 tahun alias baru berdiri tahun 2009!!

Pengibaratan gajah diatas pohon juga bisa kita aplikasikan pada Eibar dan FC Astana. Entah keberuntungan atau kerja keras yang membuat mereka bisa ada di "atas pohon". Akan tetapi, kalau ketiga klub tersebut tidak ingin "jatuh lebih awal". Maka harus ada usaha lebih dari mereka. Mungkin adalah keajaiban jika mereka bisa ada diatas pohon. Namun keajaiban tanpa diiringi kerja keras, hanya akan membuat sang gajah jatuh lebih keras dari atas pohon. 


Komentar

Postingan Populer