North West Derby Yang Bakalan Lebih Seru.

Jika ditanya pertandingan derby apa yang paling seru, semua orang kemungkinan serempak akan menjawab El Classico asal Spanyol. Derby Eropa Selatan yang mempertemukan Real Madrid dan FC Barcelona ini memang tercatat sebagai pertandingan sepakbola dengan penonton terbanyak di muka bumi. Selain itu dalam derby inilah kita akan menemukan dua pesepakbola terbaik sekolong langit pada abad ke 21, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tapi kita tidak akan membahas Derby termewah sedunia tersebut, melainkan derby terpanas setanah Inggris, pertandingan dengan tensi paling tinggi se-Britania raya, serta pertandingan yang mempertemukan 2 klub dengan raihan trofi liga paling banyak di Liga Inggris. Yap, pertandingan tersebut bernama North West Derby atau pertandingan sepakbola antara Liverpool FC melawan Manchester United.

Alasan mengapa dinamakan North West Derby mungkin adalah kedua kota tersebut berada di barat laut Inggris (North West = Barat laut). Liverpool merupakan kota pelabuhan yang super sibuk, sementara Manchester adalah kota industri tekstil terkemuka di Inggris. Kalau di Indonesia, kedua kota ini mungkin ibarat Tanjung Prioknya Jakarta dengan Cihampelasnya Bandung XD...

Sejak jaman dahulu, memang persaingan klub antara Liverpool dengan Manchester United memang sangat sangat panas. Jumlah trofi keduanya yang beda beda tipis mungkin menjadi salah satu alasan. Sampai sekarang, MU berhasil mengoleksi 20 trofi Liga Inggris serta 3 trofi Liga Champion. Sementara Liverpool sukses menjuarai 18 kali Liga Inggris serta 5 kali menjadi kampiun Eropa. Perbedaan yang sangat tipis bukan?

Musim ini saya pastikan jika North West Derby akan kembali seru seperti biasanya. Namun ada hal yang akan membuat derby ini kembali menjadi lebih seru, bukan karena sejarah atau emosi dari fans maupun pemain. Melainkan banyaknya pemain pemain baru yang dibeli kedua kesebelasan.

Hingga tulisan ini diturunkan, MU berhasil mendaratkan 5 pemain. Diantaranya Memphis Depay, Matteo Darmian, Sergio Romero, Bastian Schweinsteiger serta Morgan Schneiderlin (belum ditambah Pedro yang katanya bakal teken kontrak beberapa hari lagi). Liverpool yang tidak mau kalah berhasil mendaratkan 7 pemain. Christian Benteke, Roberto Firmino, Danny Ings, James Milner, Adam Bogdan, Joe Gomez dan Nathaniel Clyne serta 1 pemain muda, Allan Rodriguez sudah berhasil dibeli Brendan Rodgers demi mengarungi musim depan. Nampaknya kedua tim akan sangat serius untuk berburu gelar musim 2015-2016.

Bertambahnya pemain baru bagi kedua tim jelas membuat intens pertandingan menjadi lebih panas. Pemain baru kedua kesebelasan pasti akan lebih bersemangat jika mendengar pertandingan melawan Liverpool atau MU.  Apalagi beberapa pemain tersebut banyak yang belum tahu pemain pemain Liverpool atau MU. Pasti mereka akan meminimalisir kesalahan sekecil apapun, dan bertarung habis habisan.

Sudah pasti kalau pertandingan yang mempertemukan 2 tim dengan gelar paling banyak di liganya akan sangat seru, hal yang sama juga terjadi di Inggris. Liverpool vs MU adalah salah satu pertandingan sepakbola paling layak tonton di BPL. Apakah pada musim depan akan terjadi demikian? Well, jawaban paling singkat bisa kita lihat pada tanggal 12 september nanti pada pekan kelima Liga Inggris, Setan Merah akan menghadapi tamunya si Bangau di Old Trafford. So, sit down on your seat, and let the battle begins...


Komentar

Postingan Populer