Tepatkah Chelsea Membeli Baba?

Kepergian Filipe Luis yang kembali ke Atletico Madrid ternyata berdampak agak serius bagi Chelsea. Persaingan kurang sehat yang terjadi lantaran minimnya jumlah bek sayap menjadi salah satu penyebab mengapa Chelsea kelimpangan di 2 pertandingan awal pagelaran Barclays Premiere League. Namun hal ini tak membuat Jose Mourinho kebingungan. Dirinya langsung dengan sigap mencari bek sayap baru. Sejumlah nama seperti Van Der Wiel dan Baba Rahman dikaitkan merapat ke klub pemenang 5 kali BPL tersebut. Nama terakhir akhirnya resmi memperkuat Chelsea musim 2015-2016. Ya, pemain bernama lengkap Abdul Baba Rahman ini resmi mendarat di Stamford Bridge dengan mahar 20 juta euro dan mengenakan seragam bernomor 17 pada musim depan.

Baba mengawali karir di Eropa pada kesebelasan Jerman, Greuther Furth. Bermain untuk kesebelasan yang berlaga di Bundesliga jelas adalah salah satu keistimewaan sendiri untuk pemain berpaspor Ghana ini. Namun hal tersebut tak berlangsung lama, Greuther Furth yang mengakhiri musim sebagai juru kunci terpaksa harus turun kasta ke divisi dua Bundesliga. Pun begitu pula dengan Baba.

Akhirnya Baba, pada musim 2013-2014 harus bermain untuk divisi dua Bundesliga. Dan ternyata dirinya tampil menawan pada gelaran musim tersebut. Greuther Furth dibawanya duduk di peringkat 3 musim 2013-2014 dan harus tampil pada laga playoff Bundesliga melawan Hamburger SV.

Sayangnya Greuther Furth harus kalah pada laga melawan Hamburger SV. Mereka harus mengulang musim yang sama di divisi 2. Namun tidak dengan Baba.

FC Augsburg yang terpincut dengan performanya lantas membeli pemain berumur 21 tahun tersebut dengan mahar 2,5 juta euro. Jumlah yang cukup lumayan mengingat pemain ini masih sangat
 muda dan bermain untuk divisi 2 Bundesliga. Hal ini tentu saja langsung dibalas oleh Baba. Ia bermain sangat baik pada gelaran Bundesliga tahun lalu. Baba Rahman, menurut WhoScored, adalah pemain dengan tackle terbanyak pada musim lalu (109 tackle). Dirinya juga turut ambil bagian penting dalam kesuksesan Augsburg duduk di peringkat 5 gelaran Bundesliga musim 2014-2015. FC Augsburg juga tercatat hanya kebobolan 43 kali pada musim tersebut, atau terbaik ke 8 di Bundesliga. Atas pencapaian ini, Augsburg akhirnya memperoleh haknya untuk bermain di gelaran Europa League musim depan. Dan hal ini bisa jadi tak akan tercapai jika tak ada nama Abdul Baba Rahman di posisi bek kiri Augsburg musim lalu.

Hal inilah yang menjadi dasar pertimbangan Jose untuk merekrutnya pada bursa transfer musim ini. Kita tahu bahwa Ivanovic sepertinya mulai kehilangan kecepatannya kalau dilirik dari performanya dalam 2 laga awal BPL. Dirinya seperti tidak sanggup melawan kecepatan Jefferson Montero dan Raheem Sterling ketika laga Chelsea melawan Swansea dan Manchester City. Kehadiran Baba dalam skuad Jose Mourinho akan membawa angin segar dalam pertahanan Chelsea. Baba Rahman dikenal sebagai bek sayap yang cepat dan mempunyai crossing akurat. Dengan dirinya ditempatkan di sisi kiri dan Azpilicueta dikembalikan ke posisi aslinya yaitu bek sayap kanan. Chelsea sudah menyelesaikan masalah pertamanya yaitu kurangnya pengisi bek sayap yang selama ini hanya diisi oleh Azpilicueta dan Ivanovic.

Dengan kecepatannya, Baba tentu saja bisa merebut bola dengan mengambilnya tanpa perlu tackling, namun catatan diatas berkata lain. Baba yang punya catatan tackling tinggi tentu saja beresiko menerima kartu kuning. Hebatnya, musim lalu Baba hanya menerima 4 kartu kuning saja!!. Hal ini berarti Baba sudah tahu bagaimana cara merebut bola atau men-tackle lawan dengan bersih tanpa perlu dengan kekerasan.

Agaknya, 20 juta Euro yang dikeluarkan Jose Mourinho tak sia sia. Baba adalah bek sayap cepat dan bertalenta yang dibutuhkan Chelsea saat ini. Jikalau Chelsea bisa mempertahankan gelar BPL dan merebut gelar FA serta Liga Champions. Rasanya Chelsea yang bersyukur membeli salah satu bek potensial dunia dengan harga HANYA 20 juta euro...


Komentar

Postingan Populer