RAM, Trio Baru Penakluk Eropa.

Semua fans sepakbola pasti setuju jika trio terbaik sepanjang masa adalah milik MU. Pada tahun 60an mereka punya George Best, Sir Bobby Charlton dan Denis Law yang berjaya di eranya. Trio ini telah memenangkan beberapa penghargaan prestisius seperti gelar First division league, FA Cup, 2 Charity Shields dan European Cup (sekarang dikenal sebagai Champions League). Sampai sekarang mungkin masih ada beberapa yang beranggapan bahwa trio ini adalah yang terbaik sepanjang masa. Tapi beberapa diatas yang pasti bukan orang Brazil.

Tahun 90an, Brazil punya segalanya. Dunia seakan dikejutkan dengan trio paling berbahaya di dunia kala mereka berlaga di pagelaran Pildun 2002. Trio Rivaldo-Ronaldo-Ronaldinho adalah trio paling maut di kompetisi tersebut kala itu. Nama kedua bahkan menjadi top skorer dengan 8 golnya. Nama pertama mencetak 5 gol dan nama ketiga hanya mencetak 2. Ketiganya bahkan masuk dalam 4 pemain Brazil yang mendapat kehormatan namanya dimasukkan dalam All star team FIFA World Cup 2002. Pemain Brazil keempat adalah Roberto Carlos.

Kini, kita mengenal trio BBC di Real Madrid, dan MSN di Barcelona. BBC adalah singkatan dari Bale - Benzema - Cristiano sedangkan MSN adalah kependekan dari Messi - Neymar - Suarez. Ketiganya sudah tak diragukan lagi kapabilitasnya. Trio BBC 2 musim lalu memenangkan 2 gelar Copa Del Rey dan Liga Champions, sementara MSN musim lalu lebih gahar. Treble winner sudah mereka gapai ditambah Piala Super Eropa yang mereka raih kala menumbangkan Sevilla dalam laga Thriller 9 gol (Barca 5-4 Sevilla). Musim ini kedua trio tersebut mungkin akan kembali merajai Eropa dan La Liga. Trio BBC sudah membuka keran gol mereka dengan mencetak 9 gol di La Liga (Bale 2, Benzema 2, Cristiano 5). MSN sementara itu masih tersendat dengan hanya mencetak 2 gol (Messi 1 - Suarez 1 - Neymar 0). Namun kedua trio ini harus waspada, karena sudah ada klub baru yang mencetak trio mematikan musim ini.

Adalah klub Borussia Dortmund yang memiliki trio mematikan pada musim ini. Reus - Aubameyang - Mkhitaryan atau kita sebut saja RAM. Musim ini Dortmund asuhan Thomas Tuchel belum pernah kalah dalam 9 laga yang dilakoninya sebagai manajer baru. Apalagi trio tersebut kalau ditotal sudah mencetak 24 gol plus 13 assist!! Jumlah yang sangat menakjubkan bukan?. Reus mencetak 6 gol plus 3 assist, Aubameyang 9 gol dan 1 assist sementara Mkhitaryan membukukan 9 gol plus 9 assist. Jumlah yang sangat mengerikan untuk trio sebuah klub dalam 9 laga.

Thomas Tuchel belum bisa dibilang sukses meskipun tanpa kekalahan dalam 9 laga. PR baginya untuk membuat Dortmund tetap konsisten sampai akhir musim. Mereka sudah membuat start cukup baik di Liga dan menempati posisi atas di klasemen Bundesliga. Di pagelaran European League atau liga malam jumat, mereka juga salah satu favorit untuk memenangkan kompetisi tersebut. Jika Dortmund berhasil memenangkan gelar musim depan dan menjadikan Trio RAM ditakuti di Eropa, barulah Tuchel bisa dianggap berhasil dan mungkin saja, fans Dortmund bisa mulai bertanya "siapa Jurgen Klopp?"





Komentar

Postingan Populer