Review Match City vs Westham

Manchester City harus menelan kekalahan perdana mereka pada musim ini setelah ditekuk West Ham 1-2 di Etihad Stadium, sabtu lalu. Victor Moses dan Diafra Sakho adalah aktor kemenangan mereka dengan mencetak masing masing 1 gol. gol balasan hanya datang dari Kevin De Bruyne sang pemain 55 juta euro di akhir babak pertama setelah tanpa kontribusi di 30 menit awal pertandingan.

Catatan City ternyata cukup mengejutkan. Bermain di kandang sendiri, tim asuhan Manuel Pellegrini berhasil mencatat 72 persen penguasaan bola dan 18 attempts shot dengan 9 on target. Namun siapa sangka dari 9 shot on target tersebut hanya berbuah 1 gol. Hal ini tidak lain karena permainan gemilang Adrian sang penjaga gawang yang bermain luar biasa pada malam itu. Tak disangka jika penjaga gawang bernomor punggung 13 tersebut nyatanya berhasil meredam tendanganpara pemain City.

Seksama mari kita lihat pemain pemain kedua tim. Tidak adanya David Silva di skuad City yang biasanya memberi umpan umpan kunci ternyata membuat perbedaan. Meskipun City kemarin bermain sangat baik dan menguasai jalannya pertandingan. Ternyata pertahanan yang digalang Mark Noble cs sangat sangat disiplin sehingga membuat para pemain City kebingungan. Nicolas Otamendi bahkan beberapa kali harus naik sampai tengah lapangan dan membantu penyerangan skuad biru langit. Kevin De Bruyne yang diharapkan mampu menjadi supplier bola nampaknya tidak bisa menyamai David Silva yang lebih handal melepaskan umpan berbuah kesempatan. Dirinya pada malam itu hanya dijadikan penendang jarak jauh oleh Pellegrini. Sterling nyatanya tidak pernah mampu melewati hadangan Carl Jenkinson yang kemarin bermain sangat baik. Sementara Aguero? ah sudahlah... Yang bisa diingat darinya malam itu hanya satu assistnya ke KDB.

Jesus Navas adalah pemain City yang bermain apik malam itu. Sementara Sterling dihalang oleh Jenkinson, Navas nyatanya mampu melepaskan beberapa crossing mematikan semalam. Lini sebelah kanan City lebih hidup karena pergerakan Navas dibantu Sagna kemarin. Gol City pun terjadi karena pergerakan di sebelah kanan sisi penyerangan City. Kalau bukan karena pemain belakang mereka yang sibuk menjaga Navas, tidak mungkin ada umpan Aguero yang akhirnya dituntaskan Kevin De Bruyne dengan tendangan jarak jauhnya tersebut.

Di sisi lain West Ham ternyata bermain baik walaupun kalah ball posesion. lini pertahanan mereka yang digalang Aaron Cresswell, James Tomkins, Winston Reid serta Carl Jenkinson sukses besar menahan lini serang City yang mematikan musim ini. West Ham sengaja menyimpan senjata mereka macam Mauro Zarate dan Andy Carrol yang tidak dimainkan Slaven Bilic laga kemarin. Bilic tau jika skuad mereka harus mengandalkan serangan balik dengan pemain yang cepat. Diafra Sakho adalah jawabannya. Meskipun ia tidak mencetak gol lewat serangan balik (golnya dicetak lewat bola mati) namun ia kemarin sukses membuat Mangala di babak pertama dan Demichelis di babak kedua mati kutu menjaganya. Beruntung tidak ada gol ketiga yang bersarang di gawang Joe Hart kemain.

Pada akhirnya West Ham pantas menerima kemenangan yang mereka dapatkan susah payah. Mereka sukses membuat City membumi dengan memberi kekalahan pertama di Premiere League musim ini. Sekaligus menaikkan peringkat mereka ke posisi 2 klasemen setelah Leicester hanya bermain imbang kemarin. Sukses terus buat Slaven Bilic!!

Komentar

Postingan Populer