N'Golo Kante Dibalik Kesuksesan Leicester.

Musim ini Leicester memang bisa dibilang tampil sangat baik. Mereka sekarang menduduki tahta puncak klasemen BPL, dan juga mencetak gol terbanyak dibanding 19 lawan mereka di Liga Inggris saat ini. Publik lebih mengenal Jamie Vardy dan Riyad Mahrez sebagai biang keladi kesuksesan tim Rubah biru musim ini. Tentu saja hal itu didukung statistik yang menunjukkan bahwa Jamie Vardy telah mencetak 15 gol plus 3 assist, sementara Mahrez mencetak 11 gol plus 7 assist. Namun dibalik hal itu semua, terdapat pemain yang berada dibalik bayang bayang 2 pemain tersebut. Sebut saja gelandang gelandang Leicester yang lain seperti Marc Albrighton, Daniel Drinkwater dan juga N'Golo Kante. Namun kita akan bahas pemain yang disebutkan terakhir saja.

N'Golo Kante adalah gelandang bertahan Leicester berkebangsaan Prancis. Hal yang unik dari pemain bernomor punggung 14 ini adalah tinggi badannya yang tidak sampai 170 cm. Hal ini berarti Kante tidak terlalu tangguh dalam duel udara. Badannya juga tidak terlalu berotot seperti kebanyakan pemain bertubuh mungil lainnya. Namun dari keterbatasan fisik tersebut, Kante terbukti menjadi sosok tangguh dibalik kesuksesan Leicester musim ini.

Meskipun lemah dalam duel udara, Kante menutupinya dengan kemampuan tackle-nya yang akurat dan terukur. Dalam 16 pertandingan yang dilakoni Kante musim ini, dirinya mencatat 4 tackle sukses per laga, dan 4,1 intercept per laga.

 Ia juga tergolong rajin melakukan passing dengan mencatat 35,3 rataan passing per laga dengan tingkat kesuksesan operan mencapai 81, 6 persen.

Sampai pertandingan melawan Chelsea dini hari tadi, Kante sukses mencetak 1 gol dan menciptakan 2 assist.

Leicester memang pantas menduduki takhta klasemen sementara, Vardy dan Mahrez memang pantas mendapatkan kredit lebih atas aksi mereka mencetak banyak gol. Namun dibalik bayang bayang mereka, terdapat beberapa pemain lain yang juga layak mendapat kredit juga untuk aksi mereka membawa Leicester berada di peringkat 1. Salah satunya ialah Kante ini. Jika Kante terus bermain apik, bukan tidak mungkin Deschamp akan meliriknya sebagai pemain potensial untuk dibawa ke Kompetisi Eropa, Melihat Moussa Sissoko dan Schneiderlin yang penampilannya naik turun musim ini, hal itu bisa saja terjadi...

Komentar

Postingan Populer