Pledoi Untuk Mourinho.

Pemecatan Mourinho pada beberapa hari yang lalu memang tak bisa dihindarkan. Manajemen sudah kelihatan muak dengan kinerja dan hasil buruk yang selalu menimpa Chelsea. Kekalahan demi kekalahan seolah tidak memperlihatkan Chelsea yang begitu dominan musim lalu. Pemain-pemain yang musim lalu bersinar, seolah redup dan performanya menurun. Apalagi tersirat kabar bahwa ada "kubu-kubuan" diantara para pemain. Kubu pro Mourinho dan kontra Mourinho. Hal inilah yang membuat pemilik gerah dan akhirnya mengambil keputusan untuk memutus kontrak kerja antara Mou dengan Chelsea. Namun dibalik itu semua, masih ada beberapa pemain juga fans yang menyatakan dukungan mereka untuk Manajer asal Portugal tersebut. Termasuk penulis, masih tak menduga dan membela pelatih yang sempat menukangi Real Madrid tersebut.

Pembelaan pertama penulis adalah, apakah semua yang dialami Chelsea saat ini adalah kesalahan Mourinho? Apakah Chelsea yang musim ini berada di peringkat ke 16 adalah salah pelatih?. Penulis rasa tidak.

Tak sepenuhnya salah Mou. Penulis mencatat ada beberapa pemain yang mencolok perbedaannya antara musim lalu dengan musim ini. Fabregas contohnya. Dalam 16 pertandingan musim lalu, gelandang asal Spanyol ini berhasil membukukan 1 gol dan 11 assist, sementara musim ini dalam 16 pertandingan, dirinya hanya mencatat 2 assist dan tidak ada gol sama sekali.

Diego Costa, musim lalu dalam 5 pertandingan saja, berhasil menyumbang 7 gol, sementara musim ini, dalam jumlah pertandingan yang sama, dirinya baru menyumbang 1 gol. Terlihat perbedaan yang signifikan?

Masih ada lagi, kita tengok pemain terbaik BPL musim lalu, Eden Hazard. Musim lalu, pemain berkebangsaan Belgia tersebut mencetak 14 gol (1 gol setiap 2,7 pertandingan) dan mengkreasikan 9 assist ( 1 assist setiap 4,2 pertandingan). Sementara musim ini dirinya belum membuat gol sama sekali, dan baru mengkreasikan 2 assist dari 17 pertandingan BPL.

Dari contoh ketiga pemain ini, yang musim lalu berkontribusi besar, terlihat jelas sekali perbedaan performa mereka yang mencolok dengan musim ini. Lantas apa yang salah? Apakah metode Mourinho? Tentu tidak. Mourinho tidak terlalu membuat perbedaan yang berarti dalam segi taktikal musim lalu dengan musim ini. Dirinya membuat Chelsea yang musim lalu bermain membosankan dan mengandalkan serangan balik, menjadi tim yang membangun serangan dan menguasai bola lebih banyak. Lantas apa yang salah dalam hal tersebut? Bukankah dengan demikian tim maupun individu dapat lebih mudah mengekspresikan bagaimana melancarkan serangan dan membuat gol? Bukankah bermain atraktif lebih menyenangkan?.

Pembelaan kedua, apa yang Mourinho perbuat untuk tim. Sudah jelas bahwa The Special One sudah berbuat sangat banyak untuk tim agar menjadi yang terbaik. Beliau sudah mempersembahkan 3 gelar Premiere League, 1 gelar FA Cup, 1 gelar COC serta 1 Community Shield. Apa yang salah dengan beliau? Bukankah setengah musim kurang terlalu cepat untuk menghakiminya? Dengan segala yang telah beliau perbuat, masa sih kita tidak bisa memberikannya kesempatan untuk memperbaiki tim, setidaknya sampai akhir musim?

Pembelaan ketiga, Mourinho adalah manajer terbaik Chelsea. Dilihat dari Curicculum Vitae-nya, jelas bahwa pendongkrakan popularitas, serta julukan tim besar layak disematkan ke Chelsea adalah karena mantan manajer Porto tersebut. Menjuarai gelar BPL back-to-back adalah sebab beliau, dan karenanya, Chelsea disegani. Baik oleh tim Premiere League maupun tim Eropa. Tak banyak pelatih lain yang menjuarai trophy di klub yang sama sebanyak beliau. Meskipun memang Mou belum mempersembahkan gelar Eropa sih, tapi tetap saja, dalam soal raihan trophy, sedikit sekali manajer yang bisa menyamainya. Memecat manajer terbaik sebuah klub, tentu saja adalah sebuah kesalahan yang fatal, meskipun manajer tersebut sedang berada dibawah awan karena penurunan performa tim.

Namun apa yang sudah terjadi, terjadilah. Mourinho sudah dipecat. Guus Hiddink sebagai penggantinya tak buruk buruk amat. Hiddink adalah salah satu manajer interim tersukses Chelsea, dan Chelsea tercatat punya sejarah yang baik terhadap manajer interim. Ada secercah harapan untuk Chelsea memperbaiki performa agar mereka paling tidak berada di 5 besar BPL. Namun bagi kami fans Chelsea FC, tidak henti hentinya memberi dukungan untuk Mourinho agar sukses dan tak patah arang dalam menjalani kehidupan kepelatihan. Apapun klub yang beliau tangani musim depan, kami berharap agar beliau sukses dan bisa menunjukkan pada pemilik juga manajemen direksi bahwa keputusan memecat The Special One adalah kesalahan besar. Karena kami selalu mendukung Mourinho. You're the best Chelsea FC Manager, and i hope you aren't mad to Chelsea FC. Because you give us hope. you give us a reason to be the best club in England, and you give us a trophy. Trophy isn't just a simbol, it's a dedication by you to Chelsea FC. Wish you all the best, and good luck, Mou. :')


Komentar

Postingan Populer