Pato dan Keuntungannya Untuk Chelsea.

Beberapa media sudah banyak yang menasbihkan Alexandre Pato sebagai pemain yang akan berlabuh di Chelsea. Ada yang menulis bahwa Chelsea meminjam Pato, ada juga yang menyebut Chelsea membeli Pato dengan harga sekian juta poundsterling. Media berspekulasi macam macam, namun satu yang pasti, Alexandre Pato akan berseragam biru pada akhir bulan Januari nanti. Benarkah?

Nama aslinya adalah Alexandre Rodrigues Da Silva, namun publik mengenalnya dengan sebutan Alexandre Pato. Nama Pato diambil dari kota tempat kelahirannya, Pato Branco. Sebuah kota yang berlokasi di Parana, Brazil.

Bakat Pato memang sudah terlihat semenjak kecil. Pada umur 16 tahun, ia sudah dipercaya untuk masuk kedalam tim Internacional usia 20 tahun. Meskipun harus bersaing dengan anak anak yang berusia lebih tua, Pato muda tidak pernah takut dan bahkan, ia menjadi top skorer untuk Kompetisi Piala Champions usia 20 tahun. Bakat Pato terus terasah di Internacional sampai akhirnya ia dilirik klub raksasa asal Italia, AC Milan.

Ditransfer pada bulan Agustus 2007, Pato tidak langsung bermain untuk klub juara Liga Champions 7 kali tersebut. Hal ini dikarenakan peraturan FIFA terkait pemain non Eropa. Pato baru bisa bermain pada bulan Januari 2008, ketika bursa transfer musim dingin baru dibuka.

Bersaing dengan pemain sekaliber Fillipho Inzaghi, Alberto Gilardino, Zlatan Ibrahimovic dan Klass Jan Huntelaar tidak membuat pemain yang lahir tanggal 2 September 1989 itu minder. Sedikit demi sedikit, Pato mulai mendapatkan tempat di AC Milan, maupun di hati pelatih dan fans. Pada akhirnya, pemain bernomor punggung 7 tersebut langsung nyetel dengan gaya main Milan dan mulai menjadi senjata andalan Il Rossoneri...

Namun memasuki tahun kelima-nya di Milan, Pato mulai sering cidera. Kedatangan pemain muda macam El Shaarawy juga membuat posisi-nya di Milan goyah. Sampai akhirnya pada tahun 2013, Pato menyudahi masa baktinya di San Siro dan pulang kampung ke Corinthians.

Karirnya di Corinthians-pun tak kunjung membaik sampai ia harus dipinjamkan ke Sao Paulo. Bersama Sao Paulo, Pato mulai kembali mendapat kepercayaan diri dan mencetak banyak gol. Kebangkitannya pun mulai dilirik oleh beberapa klub asal Eropa. Termasuk klub lamanya AC Milan dan klub yang sekarang sedang dihubungkan dengannya, Chelsea FC.

Namun keputusan Pato untuk hengkang ke Chelsea apakah dirasa tepat baginya? Mengingat Chelsea sudah mempunyai goal gatter andalan dalam diri Diego Costa dan Loic Remy yang kadang menjadi senjata rahasia. Bisa jadi kedatangan Pato hanya untuk penghangat bangku cadangan seperti yang dilakukan Falcao dalam kurun waktu setengah musim lalu.

Pato memang punya kelebihan dribbling dan speed. Costa hanya punya speed sementara Remy hanya punya dribbling. Pato bisa menawarkan kedua opsi tersebut. Memainkan Pato sama saja memainkan dua striker Chelsea secara bersamaan. Inilah yang dibutuhkan Chelsea sepeninggal Hazard yang sekarang sedang cidera dan performanya belum kembali.

Pato juga sangat handal dalam serangan balik dan positioning. Meskipun tubuhnya kecil dan tak mempunyai kekuatan melawan bek bek lawan apalagi bek inggris yang punya kelebihan dalam strength, Pato bisa menutupnya dengan kemampuan lolos dari pengawalan. Kecepatannya sangat berpengaruh untuk hal ini, juga Pato mempunyai skill finishing tingkat tinggi selain kepunyaan Costa untuk mengarungi kompetisi seketat Premiere League dan Liga Champions.

Pato pun tak perlu takut akan budaya dan komunikasi, karena banyak punggawa Brazil di Chelsea yang akan membantunya seperti Willian, Ramires dan Oscar. Guus Hiddink, sang manajer pun juga adalah manajer yang fasih dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Portugis yang menjadi bahasa nasional Brazil.

Tak sedikit pula yang berharap Pato akan gagal di Chelsea. Mengingat kerasnya Premiere League serta cidera Pato yang kadang bisa menghantui, kedatangan Pato juga adalah perjudian bagi Guus Hiddink maupun Chelsea. Jose Mourinho sempat kalah judi karena mempertaruhkan segalanya untuk pemuda Kolombia bernama Falcao. Lantas apakah Guus Hiddink akan meniru kompatriotnya tersebut, atau justru memenangkan perjudian untuk "kesuksesan pemuda asal Brazil"? We'll wait...


Komentar

Postingan Populer