5 Hal Yang Akan Dibawa Guardiola Ke City

Resmi sudah kemana Pep Guardiola akan berlabuh musim depan. Setelah menolak perpanjangan kontrak dengan Bayern Munich, dan Carlo Ancelotti yang sudah resmi menjadi pelatih kepala Bayern Munich per tanggal 1 Juli 2016, membuat para penikmat sepakbola bertanya tanya kemana selanjutnya pelatih yang pernah menukangi Barcelona ini akan merapat. Nama Manchester City adalah klub yang akan ditukangi pelatih berkepala plontos ini mulai tanggal 1 Juli nanti. Tentunya kehadiran Pep akan membuat atmosfir BPL semakin seru. Namun selayaknya para pelatih yang akan pindah klub baru, akan ada beberapa hal dari klub sebelumnya atau idealisme yang akan ia hadirkan ke klub kepunyaan Syeikh Mansyour ini.

1. Spanyol-isasi.

Beberapa klub sebelum ini, atau dua klub yang dia latih sebelumnya pasti punya pemain Spanyol yang jadi andalan Pep. Di Barcelona ia memakai Puyol, Pique, Alba, Villa, Xavi,Iniesta, Busquets dan sebagainya. Di Bayern, ia mempunyai Juan Bernat, Xabi Alonso, Javi Martinez, Pepe Reina dan Thiago Alcantara. Di Manchester City memang sudah ada dua pemain Spanyol yaitu David Silva dan Jesus Navas. Namun tak menampik kemungkinan bahwa pelatih yang pernah merengkuh 6 gelar dalam semusim tersebut akan membawa kembali pemain asal tanah kelahirannya tersebut. Selain tak terkendala soal bahasa, pemain Spanyol tentunya sudah sangat hapal filosofi Guardiola yang menekankan penguasaan bola. Isco yang belakangan ini gerah di Real Madrid sudah lama diincar raksasa asal kota Manchester tersebut. Mungkinkah ia akan menjadi transfer utama City era Pep?

2. Pembuangan Pemain.

Menurut penulis, akan ada beberapa pemain yang akan dikorbankan Pep nanti untuk filosofi permainannya. Wilfried Bony contohnya. Striker asal Pantai Gading tersebut tak terlalu cocok dengan gaya main Pep yang mengandalkan striker cepat dan banyak membuka ruang. Penulis memprediksi Bony akan dijual City pada akhir musim. Samir Nasri yang tak lagi mendapat porsi bermain juga penulis prediksi akan dijual. Filosofi Winger Pep adalah winger yang cepat dan punya kualitas dribble diatas rata-rata. Selain itu Yaya Toure yang diincar beberapa klub China dan MLS, juga penulis prediksi akan pindah klub di akhir musim.

3. Kekayaan Formasi.

Pep bukanlah pelatih yang hanya berpatok pada satu formasi. Di Bayern Munchen, entah sudah berapa belas kali pelatih yang bernama depan Josep ini mencoba formasi baru. Pellegrini di City sepertinya terlalu berpedoman pada 4-2-3-1 atau 4-4-2 yang menjadi andalannya selama beberapa musim kebelakang. Ketika Pep melatih City, musim depan kita akan bisa melihat Manchester City yang selalu mengejutkan di setiap laganya...

4. Pengorbitan Pemain Muda.

Di Barcelona, Pep mengorbitkan Marc Bartra, Christian Tello, Sergi Roberto dan lain lain. Di Bayern, Pep Mengorbitkan Josua Kimmich dan Sebastian Rode. Kita akan bertanya tanya, siapa yang akan diorbitkan Pep di Manchester City. Jason Denayer yang menunjukkan taji-nya bersama Galatasaray musim ini bisa jadi pilihan yang tepat, selain itu Patrick Roberts yang baru ditransfer musim ini juga, serta pemain muda orbitan Pellegrini yang mengejutkan BPL, Kelechi Iheanacho akan memperpanjang daftar pemain muda yang akan bersinar bersama Pep nantinya.

5. Transfer Pemain dari Klub Lama.

Ketika menukangi Bayern, Pep membawa salah satu anak buahnya dari Spanyol, Thiago Alcantara. Lantas siapa pemain Bayern yang akan mengikuti Pep ke City? Sejauh ini tidak ada indikasi pemain Bayern yang akan pindah klub musim depan, atau pemain Bayern yang diincar Manchester City untuk musim selanjutnya. Namun kejutan akan selalu ada. Menarik menunggu siapa pemain Bayern yang akan diboyong Pep nantinya.

Komentar

Postingan Populer