Pengaruh Cidera Zouma...

8 Februari pagi waktu Indonesia bagian barat, berlangsung perhelatan akbar pertandingan lanjutan Liga Premiere Inggris antara Chelsea sebagai tuan rumah melawan Manchester United selaku tamu. Jesse Lingard menciptakan gol yang kemudian dibalas oleh Diego Costa pada babak perpanjangan waktu. Chelsea berhasil menghindari kekalahan namun kesedihan dirasakan oleh para fans, pemain dan juga Guus Hiddink selaku manajer interim.

Malam itu Zouma bermain sangat apik, ia berhasil menghalau beberapa peluang Wayne Rooney cs. Petaka terjadi di pertengahan babak kedua. Kala itu Zouma yang berhasil menghalau bola dengan tandukannya, malah mendarat dengan posisi yang aneh. Tak ayal, bek 21 tahun tersebut langsung mengerang kesakitan seusai membuang bola. Pertandingan dihentikan beberapa saat, namun bek asal Prancis ini tak sanggup lagi bermain. Pada akhirnya pemain bernomor punggung 5 tersebut harus digantikan oleh Gary Cahill

Diketahui bahwa mantan bek St. Etienne tersebut terindikasi cidera ACL yang membuatnya harus absen 6 bulan lamanya. Cidera-nya Zouma ini ternyata berpengaruh besar bukan hanya bagi dirinya, namun bagi pemain lain.

Sebut saja bagi duo bek tengah Chelsea, John Terry juga Gary Cahill. Terry yang belum kunjung mendapat kontrak baru, mungkin akan dipastikan mendapat kontrak setelah salah satu bek andalan mereka cidera. Mau tak mau, daripada membuang sang kapten yang sekarang sedang dalam performa baik, akan lebih bijak bagi manajemen Chelsea untuk memberi 1 tahun lagi jabatan bagi pria asal Inggris tersebut. Hal serupa juga berlaku untuk Cahill. Bek yang mengawali karir di Chelsea tahun 2012 tersebut sekarang sedang mempertimbangkan untuk hengkang lantaran Hiddink lebih mempercayai Zouma. Dengan cidera-nya bek berdarah Prancis tersebut, akan lebih mudah bagi Cahill mendapatkan kembali posisi inti yang diembannya selama beberapa tahun kebelakang.

Kemudian bagi lini pertahanan Prancis. Hampir pasti jika gelaran Euro 2016 yang dilangsungkan di kandang mereka akan mereka langsungkan tanpa kehadiran bek muda tersebut. Padahal, Zouma merupakan aset lini belakang mereka yang cukup membantu. Namun dengan nama-nama macam Koscielny, Raphael Varane serta Eliaquim Mangala, Didier Deschamp nampaknya tak akan kesulitan menemukan pengganti Zouma di lini belakang.

Zouma yang mengakhiri musim lebih cepat, juga akan membantu Matt Miazga untuk mengawali debutnya lebih cepat berseragam Chelsea. Mantan pemain bertahan New York Red Bulls tersebut sampai saat ini belum pernah bermain di kompetisi resmi Chelsea musim ini. Namun cepat atau lambat, dengan banyak-nya kompetisi yang diikuti Chelsea musim ini, kemungkinan Miazga memulai debut-nya bukan hal yang mustahil...

Komentar

Postingan Populer