Review Anime : Shokugeki no Souma. Let's Cooking!!

Ohayouu... di kesempatan kali ini penulis akan review lagi anime yang bagus sekali menurut penulis. Penulis yakin kok kalian akan suka juga. Judulnya Shokugeki no Souma atau kalo di luar negeri terkenal akan namanya "Food Wars". Dari judulnya aja udah keliatan kan? Perang makanan. Maksudnya bukan perang makanan kaya lempar pie gitu -_- tapi ini tentang memasak. Sekilas temanya mengingatkan penulis akan anime Cooking Master Boy yang pernah tayang di TV Swasta beberapa tahun lalu.



Shokugeki no Souma jelas berbeda dari Cooking Master Boy ini, karena anime ini juga selain bertema memasak, juga bertema School. Disini Souma-nya ini sekolah gak kaya Mao yang berpetualang nyari 7 alat masak legendaris hehehe



Langsung aja kita omongin Shokugeki no Souma, sinopsisnya adalah tentang seorang anak laki-laki bernama Souma yang selain sekolah, dia juga jadi juru masak di restoran Yukihira yang dikelola bapaknya, Jouichirou Yukihira. Bokapnya ini jago masak banget karena dia selain selalu mengalahkan Souma dalam lomba adu masak hampir 500 kali, juga sering keliling dunia buat jadi juru masak di hotel-hotel ternama disana. 

Suatu hari Jouichirou memutuskan untuk menutup restoran Yukihira dan berencana mencari uang dari memasak di luar negeri. Tentu saja hal ini ditolak mentah mentah oleh Souma, karena selain dia cinta dengan restoran tersebut, Souma juga bakal kehilangan tempat dia belajar masak. Namun hal ini dipikirkan juga oleh Jouichirou dengan memasukkan Souma ke akademi memasak terbaik di Jepang dimana hanya 10% siswanya yang bisa lulus. 

Dari karakternya sih, Souma ini gak kaya Main Character biasanya ya. Dimana main character biasa sepertinya agak frustasi dalam menyelesaikan masalah, Souma disini selalu bisa menyelesaikan tantangan dengan muka tenang dan percaya diri tinggi. Mimpi akan menjadi nomor satu dan blak-blakan menjadi alasan kenapa dia sama seperti karakter utama anime aksi lainnya.

Souma di anime ini juga bukannya karakter yang "Godlike". Latar belakangnya yang hanya sebagai tukang masak kedai membuatnya tak selalu tahu bagaimana cara memasak di tempat lain atau gaya memasak yang tidak bisa dilakukan di kedai. Masalahnya adalah bagaimana tujuan dari setiap kompetisi itu membuat Souma mau tak mau dibuat seakan undefeated. Setiap kali ia kalah pertarungan memasak, maka hasilnya adalah ia keluar dari akademi Totsuki. Ini berarti ia bisa saja tak pernah kalah-selain oleh bapaknya tentu saja-dalam setiap pertarungan memasak.

Namun, Souma juga adalah karakter yang belajar. Setiap kali pertarungan/Shokugeki, ia akan dihadapkan bagaimana cara memasak yang ia tak pernah kuasai. Maka sebelum Shokugeki kita akan melihat proses bagaimana Souma kesulitan dalam mencari bumbu yang pas, cara memasak yang pas dan lain lain.

Karakter pembantunya ada Tadokoro Megumi, seorang cewek yang punya bakat, namun kurang percaya diri dalam masakannya sehingga selalu panik dalam memasak. Tadokoro juga selain tak percaya diri dalam hal masakan, juga dalam hal bersekolah di akademi. Para siswa akademi dilihat sebagai orang yang lebih kuat darinya sehingga ia minder. Juga ada Nakiri Erina, salah satu dari 10 elite (pembaca bisa lihat artikel tentang 10 elit disini) yang dipanggil "Lidah Dewa" karena kemampuan mencicipnya yang luar biasa. Erina bisa dibilang mahasiswi kelas satu terbaik di Totsuki dan menjadi antagonis dari Souma. Ada juga Takumi Aldini, seorang koki restoran Italia yang menuntut ilmu di Totsuki. Takumi selalu menganggap Souma adalah saingan yang paling ingin ia kalahkan. Namun ia juga tidak menganggap Souma sebagai musuh.

Grafis dari anime ini juga sangat baik. Bagaimana anime ini menampilkan suguhan makanan dan "kelebayan" juri ketika menyicip makanan adalah ciri khas dari anime ini. Mungkin cuma perasaan penulis, tapi grafis anime ini mirip seperti anime Fairy Tail.



Untuk musik emang gak ditonjolkan sih. Penulis suka dengan lagu opening pertamanya. Untuk opening kedua, penulis suka dengan video clipnya dimana mereka melakukan pengandaian dengan membuat fighting scenario memakai peralatan masak hahaha... Tapi emang nyambung karena ini anime action namun dengan cara memasak.

Penulis menyarankan kalian untuk menonton anime ini. Karena sangat seru... Penulis aja sampai penasaran dan malah baca manga-nya. Penulis berharap banget anime ini keluar season 2-nya secepat mungkin. 

*Sumber gambar : Google Image

Komentar

Postingan Populer