Review Anime : Kiznaiver. Berbagi Rasa Sakit Itu Perlu...

Ohayouu... Selamat berlibur guys. Penulis tahu ini udah masa liburan sekolah. Karena itu penulis akan kasih satu rekomendasi anime yang cocok banget kalian tonton selama liburan kali ini. Anime bertema Fantasy ini berjudul Kiznaiver. Apa itu Kiznaiver? baiknya kalian tonton sendiri untuk mengetahuinya.



Sinopsis :
Katsuhira Agata sering sekali diganggu dan dipalak oleh teman-teman semasa ia SMA. Meskipun demikian, Katsuhira tak pernah sekalipun melawan, karena ia tak pernah merasakan rasa sakit.

Suatu hari, ia dipilih oleh teman sekelasnya, Noriko Sonozaki untuk menjadi seorang "Kiznaiver". "Kiznaiver" sendiri adalah korban (atau bisa dibilang Objek) dari sistem Kizuna yang memungkinkan Katsuhira untuk berbagi luka dengan teman-temannya satu kelas berkepribadian beda-beda untuk tujuan menciptakan dunia yang berempati dan cinta damai.

**************

Kiznaiver ini anime yang unik menurut penulis, karena para anggota "organisasi yang membuat Kiznaiver" ini digambarkan sebagai orang yang tak baik-baik amat. Yaitu Sonozaki, guru mereka, serta satu guru pembimbing di sekolah Sugomori, sekolahnya Katsuhira. Namun juga tidak bisa dibilang jahat dikarenakan tujuan dari Kiznaiver sendiri 'kan menciptakan perdamaian. Nampaknya antagonis dalam anime ini adalah sistemnya sendiri yang terkadang masih belum sempurna. Seperti apa yang terjadi kepada Sonozaki.

Kemudian Katsuhira sendiri, bersama 6 temannya yaitu Tenga Hajime, Niyama Nico, Honoka Maki, Yuta Tsuguhito, Hisomu Yoshiharu dan teman masa kecil Katsuhira, Takashiro Chidori, diharuskan bersama sama melewati misi demi misi yang membuat ikatan Kiznaiver mereka semakin erat. Bagaimana mereka harus saling mengungkapkan rahasia, serta memecahkan masalah besar yang melanda beberapa karakter, ataupun romantisme yang terjalin ketika ketujuh orang tersebut mau tak mau terpaksa saling berhubungan. Kiznaiver tak pernah sepi akan drama, meskipun hubungan Kizuna mereka hilang pun, masih ada saja masalah yang harus dipecahkan Katsuhira dan kawan-kawan.

Perbedaan ketujuh karakter membuat hubungan mereka pada awalnya sulit. Katsuhira adalah orang yang tak pedulian, baik pada dirinya sendiri maupun orang lain disekitarnya. Tenga Hajime adalah orang bodoh berisik yang hanya tahu kekerasan dan kekerasan. Niyama Nico adalah cewek polos lugu yang ingin menjadi orang aneh. Honoka Maki adalah wanita misterius dan memiliki masa lalu kelam. Yuta Tsuguhito adalah cowok tampan yang terkenal di kalangan wanita di kelasnya. Hisomu Yoshiharu adalah pria yang tak pernah masuk sekolah sekalipun, juga masokis. Dan terakhir Chidori, cewek emosian yang sangat peduli kepada Katsuhira. Selain hubungan Katsuhira serta Chidori yang udah lama temenan, yang lainnya meskipun satu kelas tak pernah sekalipun berkomunikasi atau berhubungan. Oh ada lagi Sonozaki yang punya masa lalu misterius. Dia yang mencanangkan sistem Kizna di ketujuh orang diatas.

Ada drama, romance, action, comedy, thriller dan sci-fi yang bercampur jadi satu dalam sebuah anime. Kiznaiver menawarkan sebuah pertanyaan yang berawalan "Bagaimana Jika". Sebuah anime yang juga sarat akan pesan moral. Salah satunya yang paling ditekankan adalah tentang persahabatan. Bahwa hal yang tidak menyakiti kita, bisa jadi menyakiti orang lain meskipun diri sendiri yang jadi korbannya.

Untuk grafis dan sound arts, film Sci-fi selalu menawarkan hal yang futuristik. Grafis Kiznaiver sangat kaya akan warna. Hal itu langsung dibuktikan dengan opening song-nya yang berwarna sekali. Lagu openingnya yang berjudul "Lay your Hands on Me" juga sangat bagus dan bergenre Electronic.

Kelemahan dari Kiznaiver? Penulis belum ketemu. Mungkin salah satu kelemahannya adalah, untuk anime bertema Action, porsi Actionnya sungguh sedikit sekali. Drama adalah kekuatan utama daripada anime produksi Aniplex ini.

Komentar

Postingan Populer