Joe Hart Adalah Legenda Manchester City!

Kedatangan Pep Guardiola ke Manchester City memang menimbulkan pro dan kontra. Salah satu kontra-nya ialah beberapa pemain yang ketika era Pellegrini adalah pemain inti kesebelasan diisukan hengkang dari klub asal Manchester tersebut. Samir Nasri, Eliaquim Mangala, Yaya Toure sampai Joe Hart pun sudah diincar kesebelasan lain karena mereka tidak masuk rencana Pep untuk setidaknya satu musim kedepan. Dan nama terakhir adalah nama yang nampaknya akan hengkang pertama dari klub peringkat 4 klasemen musim lalu.

Ketika musim 2016 bergilir, fans City dikejutkan dengan nama kiper yang bermain melawan Sunderland pada pertandingan pertama. Bukannya nama Joe Hart yang terpampang, Pep malahan memilih Willy Caballero sebagai palang pintu terakhir pada pertandingan tersebut. Alasan Pep sederhana. Ia lebih memilih kiper yang selain bisa menjaga gawangnya dari kebobolan, juga mampu mengatur irama permainan dari belakang. Willy Caballero dianggap lebih bisa memainkan peran tersebut ketimbang Joe Hart. Makanya pelatih asal Spanyol tersebut tidak menurunkannya.

Namun, di pertandingan kedua Premier League, serta pertandingan fase grup Liga Champions melawan Steaua, Joe Hart tak kunjung diturunkan. Hal ini menimbulkan isu bahwa kiper timnas Inggris tersebut sudah tidak dipercaya lagi menjaga gawang Manchester City. Hal ini diperkuat juga oleh keinginan City yang ingin memboyong kiper Barcelona asal Chile, Claudio Bravo.

Sampai tulisan ini dibuat, Bravo memang belum resmi menjadi pemain Manchester City, namun kedatangannya semakin kuat karena Barcelona yang sudah meresmikan kiper Ajax, Jasper Cillesen untuk bermain di skuat Barca. Bravo pun dikabarkan sedang berada di Inggris untuk merampungkan kepindahannya. Rumor kepergian Joe Hart pun semakin kuat. Namun belum ada satupun berita kemana pelabuhan selanjutnya kiper berusia 29 tahun tersebut.

Charles Joseph John "Joe" Hart, sudah berada di Manchester City semenjak tahun 2006. Dengan mahar tidak sampai satu juta poundsterling, ia didaratkan dari Shrewsbury Town. Karirnya yang paling cemerlang adalah musim 2011-2012 dimana ia berhasil memenangkan trophy Liga Inggris pertamanya. Selain itu ia juga dianugerahi Golden Glove karena mencatatkan clean sheet terbanyak. 

Sudah mengawali karir semenjak 2006, bisa dibilang Joe Hart sudah berada di Manchester City bahkan sebelum klub tersebut menjadi besar. Ia adalah salah satu pemain terlama di Manchester City dan wakil kapten Vincent Kompany di klub tersebut. Selain itu ia juga adalah kiper utama Tim Nasional Inggris. Bisa dibilang Joe Hart adalah representasi pemain asli Inggris yang sukses di Manchester City. Hal ini bisa disebut langka karena City yang begitu mengandalkan pemain dari luar Inggris. 

10 tahun sudah sang kiper mengabdi untuk City, kini saatnya Joe Hart pergi untuk mencari pengalaman baru. 2 kali memberikan gelar Premier League serta 1 kali Piala FA bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Ia juga membantu City mencapai fase semifinal Liga Champions, yang mana hal tersebut adalah prestasi terbesar mereka di kompetisi tertinggi kasta Eropa. Bisa jadi, City tak akan bisa menjadi seperti sekarang andai bukan Joe Hart yang mengawal gawang mereka. Bisa jadi, City sampai sekarang tidak akan pernah memenangkan Liga Inggris. Bisa jadi, City hanya akan menjadi tim penjanggal tim besar dan bukan tim besar. Semua itu bisa jadi tak akan terealisasi, andai bukan Joe Hart yang menjadi "nomor satu". 

Dimanapun kau berada, apapun klub yang kau bela nantinya, kau akan selalu menjadi Legenda Manchester City. Terimakasih akan semua jasa-jasamu, Joe Hart. 


Sumber Foto : Wikipedia.

Komentar

Postingan Populer