Preview : Derby Mersmeyside

Laga akhir pekan nanti akan mempertemukan 2 tim besar asal Merseyside, Inggris, Everton melawan Liverpool FC. Everton yang sedang dalam performa baik nampaknya akan menjegal Liverpool dalam perebutan posisi atas klasemen Liga Inggris tersebut.

1. Performa kedua klub

Everton.
Everton mendapat start yang baik musim ini. Tim asuhan Roberto Martinez menempati posisi 5 klasemen sementara BPL. Mereka juga hanya 1 kali kalah musim ini oleh Manchester City. Selebihnya 3 kemenangan dan 3 kali seri ditorehkan oleh Phil Jagielka cs di musim 2015-2016.

Liverpool.
Beda dengan tim sekotanya, Liverpool agak terseok seok di liga musim ini. Mencatatkan 3 kali kemenangan, 2 kali hasil imbang dan 2 kali kekalahan, tim asuhan Brendan Rodgers hanya bisa duduk di posisi 9 klasemen sementara BPL musim ini.

2. Pemain kunci 

Everton - Romelu Lukaku.
Sebenarnya Stefan Naismith atau Gerard Deulofeu bisa saja menjadi pemain kunci pada laga pekan ini. Namun Lukaku nampaknya yang paling pantas. Striker asal Belgia tersebut menjadi pemain kunci Everton pada musim ini. Mantan pemain Chelsea tersebut menjadi juru gedor andalan tim biru tua pada beberapa laga sebelumnya, dan diperkirakan akan kembali dipasang Martinez pada laga derby minggu ini.

Liverpool - Phillipe Coutinho
Pemain asal Brazil nampaknya akan menjadi pemain paling sibuk pada laga derby pekan ini. Ia harus menjadi pengatur serangan Liverpool melawan salah satu tim dengan pertahanan terbaik musim ini. Jelas tidak mudah baginya karena ia akan dihadang oleh Gareth Barry atau James McCharty sebagai gelandang bertahan Everton. Jelas Liverpool berharap banyak pada umpan umpannya pada Daniel Sturridge atau Christian Benteke untuk laga derby kali ini.

3. Last Match

Everton.
Tim Lukaku cs nampaknya sedang on fire laga kemarin. Pasalnya mereka berhasil mengubah kedudukan dari kalah 2-0 menjadi menang 2-3 pada laga melawan WBA pekan lalu. Lukaku dan Gerard Deulofeu lantas menjadi pemain paling apik pada laga tersebut. Deulofeu mencatatkan 2 assist malam itu sedangkan Lukaku mencatat 2 gol plus 1 assist. Faktor mentalitas mereka nampaknya akan menjadi penentu pada laga derby pekan ini.

Liverpool.
Melawan Aston Villa pekan lalu, Liverpool bermain dengan sangat baik. Mereka mengandaskan tim asuhan Tim Sherwood dengan skor tipis 3-2. 2 gol dari Daniel Sturridge plus 1 gol dari James Milner hanya mampu dibalas 2 gol Rudy Gestede pada laga yang digelar di Anfield stadium tersebut. Coutinho mencatatkan 2 assist malam itu untuk gol pertama dan gol ketiga. Sementara gol kedua Liverpool yang merupakan gol pertama Sturridge malam itu dibuat oleh James Milner.

4. Perkiraan Starting XI Kedua Tim

Everton. 
Tim asuhan Roberto Martinez akan tetap mengandalkan Tim Howard di posisi goalkeeper. Berdiri didepannya ada duet bek tengah Rogerio Funes Mori dan Phil Jagielka sang kapten, dengan fullback Tyias Browning serta Brendan Galloway atau Bryan Oviedo. James McCharty dan Gareth Barry akan menjadi 2 gelandang berposisi bertahan dengan Ross Barkley sebagai gelandang serang. Gerard Deulofeu dan Stefan Naismith atau Aaron Lennon akan menjadi winger yang membantu Romelu Lukaku di posisi striker.

Liverpool.
Liverpool tentu saja akan mengandalkan Simon Mignolet sebagai palang pintu terakhir tim asuhan Brendan Rodgers. Duet bek tengah akan sulit diprediksi siapa yang menemani Martin Skrtel apakah Joseph Gomez, Mamadou Sakho atau Dejan Lovren dengan fullback Nathaniel Clyne dan Alberto Moreno di kedua sisi. Emre Can akan menggantikan Jordan Henderson yang cidera sebagai gelandang box to box ditemani James Milner dan Lucas Leiva sebagai defense midfield. Phillipe Coutinho tentu saja akan menjadi pengatur serangan Liverpool dan duet striker mereka, Sturridge yang baru sembuh dari cidera akan menemani Danny Ings atau Benteke di lini depan.

5. Prediksi
Mengingat laga akan dimainkan di kandang Everton dan skuad mereka yang sedang konsisten. Nampaknya derby pekan ini akan menjadi milik Everton. Namun mengingat juga gengsi laga Derby yang tidak main main, penulis memprediksi hasil seri 2-2 pada laga akhir pekan nanti.

Komentar

Postingan Populer