Saatnya Mainkan Bas Dost.

Belanda sedang terpuruk. Mereka harus bertarung dengan Turki untuk memperebutkan posisi Play-Off setelah posisi satu dan dua sudah diambil alih Islandia dan Republik Ceko. Turki lebih diunggulkan karena mereka satu point lebih banyak dari Belanda. Agaknya, pasukan Danny Blind saat ini harus lebih banyak berharap pada striker mereka Van Persie dan Huntelaar yang keduanya sedang mandet gol di Timnas.

Sudah beberapa tahun ini Timnas Belanda hanya mengandalkan kedua nama tersebut yang menjadi ujung tombak Timnas. Nama nama seperti Siem De Jong, Luc Castaignos, Jurgen Locadia ataupun Ricky Van Wolfwinkel belum cukup layak menghuni lini depan Timnas Belanda. Van Persie dan Huntelaar seperti mempunyai imunnity terhadap posisinya di Timnas. Siapapun nama yang dipanggil menjadi striker, tetap saja dalam laga kompetitif atau kompetisi yang serius, hanya mereka yang dipanggil oleh Pelatih Belanda siapapun itu.

Namun hal ini tidak boleh dilanjutkan lebih lama lagi. Van Persie sudah berumur 31 sementara Huntelaar 30. Timnas yang dipanggil Oranje tersebut butuh striker baru yang lebih muda dan segar untuk pengganti keduanya. Dan dari beberapa nama, nampaknya Bas Dost adalah striker yang paling cocok untuk Belanda.

Bas Dost sekarang ini bermain untuk kesebelasan asal Jerman, VFL Wolfsburg. Pemain berkebangsaan Belanda ini sekarang menjabat sebagai striker inti klub peringkat 2 Bundesliga musim lalu tersebut. Mantan pemain SC Heerenveen ini punya andil besar mengantarkan Wolfsburg menuju kesuksesan musim lalu, bahkan memenangkan Piala DFB Pokal mengalahkan Borussia Dortmund musim lalu.

Kini sudah musim kedua Bas Dost bermain di Bundesliga, namun pemain 26 tahun tersebut belum menunjukkan tanda tanda macet gol. Total pemain bernomor punggung 12 ini sudah mencetak 5 gol bagi Wolfsburg di semua laga dan menjadi top skorer sementara klub tersebut.

Bas Dost memang baru mencatatkan 2 Caps bagi timnas Belanda. Namun hal tersebut bukan berarti Belanda tidak membutuhkannya. Belanda harus lebih sering lagi memainkan striker jangkung tersebut. Dengan tinggi badan 196 cm, Bas Dost dapat dengan mudah mencetak gol dengan memanfaatkan tinggi badannya. Kelebihan striker ini adalah dapat mencetak gol dalam sudut sempit sekalipun. Bas Dost adalah poacher murni yang Belanda butuhkan. Umurnya juga sudah mencapai usia keemasan dan gol golnya selama berkostum Wolfsburg dapat menjadi bukti kuat untuk Danny Blind agar lebih sering memasukkan namanya di timnas Belanda. Jika Van Persie dan Huntelaar terus saja dimainkan namun tak menunjukkan perubahan signifikan untuk timnas ke arah depan, maka sudah saatnya Belanda memainkan striker baru. Dan tentu saja, Bas Dost adalah solusi jangka panjang untuk krisis striker Belanda kedepannya.


Komentar

Postingan Populer