Review Anime : Hai to Gensou no Grimgar. A Leadership Anime.

Anime musim dingin satu-persatu mulai tamat. Penulis cukup senang dengan endingnya Boku dake yang menyentuh. Musaigen no Phantom World pun nampaknya 1-2 episode lagi akan segera tamat. Sementara itu Ajin dan Ansatsu Kyoushitsu nampaknya masih punya jalan yang panjang.

Beberapa hari ini penulis mulai suka nonton animax gara gara Place to Place. Dan penulis cukup sering melihat iklannya Grimgar. Kesan pertama, penulis suka sama grafisnya. Jadi penulis cari cari anime ini. Sekarang sih anime-nya udah tamat. Jadi penulis akan share review tentang anime 13 episode ini.



Pada awalnya, ada sekelompok orang yang tak kenal satu sama lain berada di suatu tempat yang mereka sendiri tak tahu dimana. Setelah mereka pergi ke suatu bar, ternyata mereka berada di dunia Grimgar. Di dunia ini, untuk mendapat uang, maka manusia harus bekerja menjadi prajurit relawan dan berburu monster. Maka kelompok tersebut akhirnya terpecah demi membentuk party (kalau suka main game, mungkin pembaca akan tahu apa itu party). 

Manato, Haruhiro, Ranta, Moguzo, Yume dan Shihoru akhirnya membentu party sisa, karena tidak ada kelompok yang mau merekrut mereka. Kelompok ini memang beneran lemah, karena membunuh satu goblin saja mereka harus bersusah payah dan bahkan tak bisa membunuh goblin tersebut.

Di dunia Grimgar, untuk menjadi prajurit relawan harus membeli sebuah kalung, dan untuk mendapat uangnya maka mereka harus berburu. Nah untuk berburu sendiri mereka haruslah mempunyai skill khusus. Maka, masing masing orang harus menjalani pelatihan di Guild untuk mendapatkan job. Manato adalah pendeta. Ia adalah healer dan pemimpin dari party ini. Haruhiro, tokoh utama kita, adalah Thief. Thief mempunyai jangkauan serangan yang pendek, namun cepat dan efektif dalam membunuh. Ranta adalah Dark Knight (bukan batman -_-). Dark Knight memakai senjata pedang panjang, dan efektif dalam membunuh. Moguzo adalah Knight. Knight memiliki senjata pedang yang besar, cocok dengan tubuh Moguzo. Moguzo adalah pertahanan pertama di party ini. Selain itu ada Yume yang adalah Archer. Yume pun juga bisa memakai belati seperti Haruhiro. Dan terakhir ada Shihoru yang berprofesi penyihir. Shihoru bisa memakai sihir bayangan yang memudahkan Haruhiro atau Ranta dalam membunuh monster. Namun akurasinya dalam memakai sihir sangat buruk.



Suatu hari, ketika kelompok mereka sedang berburu Goblin, mereka terdesak karena terdapat goblin berukuran raksasa. Selain itu banyaknya goblin kecil lainnya membuat kelompok tersebut mau tak mau melarikan diri. Haruhiro pun hampir mati, namun diselamatkan oleh Manato yang mengorbankan nyawanya. Akhirnya Manato pun mati.

Kehilangan Manato yang merupakan ahli strategi sekaligus pemimpin party membuat kelompok tersebut down dan patah semangat. Mereka sampai tak bisa memburu goblin karena tak ada pengambil keputusan di tim mereka. 

Akhirnya, Haruhiro sebagai ketua pengganti mencari pendeta baru dan menemukan Mary. Namun masalahnya, Mary tak bisa diajak bekerja sama dan tak mau berbaur dengan kelompok mereka. Lantas, bagaimana Haruhiro dan kawan kawan bisa bekerja sama dengan Mary? Apa yang membuatnya seperti itu? dan apakah Haruhiro dan kawan kawan bisa menjadi lebih kuat? Penulis gak mau spoiler. Kalian tonton sendiri saja... :)

Grafis dari anime ini luar biasa bagus dan juga unik. Unik karena beberapa latar belakang nampak layaknya digambar memakai cat air namun tidak dengan karakternya. Selain itu lightingnya juga luar biasa keren. Penggambaran latar layaknya jaman pertengahan, namun berpadu dengan latar tempat seperti di game game MMORPG. Sound artnya juga unik. Anime mana yang menggunakan backsound musik beatbox selain Grimgar? 

Karakternya juga keren keren. Yume sangat imut dan seksi. Ia-lah karakter cewek yang sering bicara di kelompoknya. Ia sangat berteman baik dengan Shihoru. Shihoru juga malu malu imut gitu :). Dia karakter yang paling banyak diam di kelompoknya.  Haruhiro sebagai karakter utama digambarkan tak terlalu sering bicara. Dia juga orangnya gak terlalu pintar namun juga tidak bodoh. Tak terlalu kuat dan juga terlalu lemah, namun punya kekuatan tersembunyi. Seperti karakter utama anime action pada umumnya. Ranta justru adalah orang yang terlalu banyak bicara di anime ini. Bahkan, saking banyaknya bicara, kata kata yang keluar dari mulutnya tak mempunyai bobot atau tak bermakna. Ranta sering mengejek Yume karena dadanya rata. Ranta adalah orang yang bandel. Sepeninggal Manato, ia nampak tak patuh pada Haruhiro sebagai pemimpin baru.



Moguzo di kelompoknya adalah orang paling kalem. Dia hobi memasak dan tak pernah berbuat macam macam. Meskipun ketua kelompok beralih menjadi Haruhiro, namun Moguzo tak pernah protes maupun mengeluh. Ia juga tak terlalu sering bicara seperti Haruhiro. Lalu Manato. Seperti halnya pemimpin, ia sangat bijak dan pintar. Ia yang mengatur strategi dan juga cara melawan monster. Ketika anggota kelompoknya ada yang sakit sedikit, ia langung memakai healingnya untuk menyembuhkan. Manato adalah pemimpin idaman. Mungkin penulis bisa related ke Haruhiro dkk kalo mereka sedih ketika Manato meninggal. Terakhir adalah Mary. Awalnya sih dia gak terlalu peduli sama kelompoknya Haruhiro. Namun lama kelamaan ia jadi peduli, karena merasakan penderitaan yang sama yaitu menjadi penyebab terbunuhnya orang orang yang mereka sayangi... Mary punya kecantikan orang dewasa. Ia juga tegas dan satu satunya orang yang ditakuti Ranta...




Komentar

Postingan Populer